5 Anime Romantis yang Cocok Ditonton Saat Valentine

Cokelat dari anime Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge
Cokelat dari anime Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge
©Nozomi Uda, Square Enix wa Itsumo Kedaruge

Hari ini, 14 Februari adalah hari Valentine yang orang kenal sebagai hari kasih sayang dan identik dengan nuansa romantis juga cokelat. Nah, buat kamu yang sedang libur dan belum ada jadwal pergi bareng gebetan, saya bisa kasih saran beberapa anime romantis yang cocok ditonton saat Valentine. Jangan lupa nontonnya sambil makan cokelat yang kamu terima dari doi, ya.

Perlu diketahui, anime yang saya pilih bukanlah sepenuhnya memiliki genre romantis. Beberapa diantaranya ada yang memang komedi dan sedikit bumbu drama. Setidaknya saya ingin memberikan rekomendasi anime romantis yang tidak terlalu membosankan dan bikin penonton ketagihan.

Apa saja diantaranya? Yuk, langsung gulir ke bawah.

1. Lovely★Complex

Lovely Complex
Lovely Complex – (C) Aya Nakahara/Sueisha, TBS, Toei Animation

Pertama saya mulai dengan anime bergenre komedi romantis dulu, judulnya Lovely★Complex. Kenapa Complex? Karena bercerita tentang pasangan yang tinggi badannya sangat berbeda jauh. Yang laki-laki bertinggi badan 150cm dan yang perempuan bertinggi badan 170cm.

Dan kedua orang ini memiliki tujuan yaitu mencari pasangan ideal yang setara dengan kriteria mereka. Tentu harus sama-sama tinggi atau setidaknya sesuai dan tidak terlalu memalukan bila disandingkan atau bersebelahan.

Mereka ini sangat membenci satu sama lain, tapi ternyata dibalik kebencian itu malah tersiram benih-benih cinta yang tidak mereka sadari, bahkan berusaha menyadarkan diri kalau mereka tidak mungkin saling menyukai.

Meski termasuk anime lawas, tapi ceritanya seru, kok. Malah bisa saya katakan seru banget. Karena bergenre komedi romantis, jadi bakal sering ada plesetan-plesetan yang bikin kita ketawa dan mesem sendiri karena adegan romantisnya. Pokoknya bisa banget jadi salah satu anime romantis yang cocok ditonton saat Valentine.

Baca Juga:  Mengungkap Akhir Cerita Sora no Method

Oh iya, saya juga pernah mengulasnya tahun lalu, silakan lihat di postingan ulasan Lovely★Complex

2. Kaichou wa Maid-sama

Asuzawa dan Usui
Asuzawa dan Usui – ©Hiro Fujiwara/Hakusensha, Project Maid-sama!

Yang kedua juga masih mengandung genre komedi romantis yang tayang tahun 2010 lalu, yaitu Kaichou wa Maid-sama. Atau gampangnya Ketua OSIS adalah seorang pelayan. Pelayan di sini maksudnya si Ketua OSIS tersebut, atau saya sebut namanya Asuzawa Misaki adalah siswi SMA yang menjadi Ketua OSIS (Tentu saja, dari tadi sudah saya sebutkan juga) dan memiliki pekerjaan sampingan yaitu pelayan di sebuah kafe.

Tapi, ternyata tidak banyak orang yang tahu tentang pekerjaan sampingan Asuzawa sampai suatu saat dia bertemu dengan laki-laki tampan yang populer di sekolahnya. Dan kalian sudah bisa menebaknya, yap, si laki-laki tersebut atau sebut saja Usui Takumi menyukai Asuzawa.

Asuzawa yang dikenal mengerikan, sering memarahi murid lain, pokoknya garang karena seorang Ketua OSIS bisa luluh oleh Usui. Saya merekomendasikan anime Kaichou wa Maid-sama ini sebagai salah satu anime romantis yang cocok ditonton saat Valentine karena banyak adegan-adegan lucu yang dibarengi nuansa romantis yang bisa bikin kita mesem-mesem sendiri.

Mungkin yang suka melihat karakter garang tapi ternyata tsundere bakal suka anime ini.

3. Isshuukan Friends

Fujiyama Kaori dan Hase Yuuki
Fujiyama Kaori dan Hase Yuuki – ©Matcha Hazuki/Square Enix, Komite Produksi “Isshuukan Friends”

Untuk yang ketiga ini saya mau memberikan judul dengan bumbu drama ringan. Ceritanya tentang Fujimiya Kaori, siswi SMA yang ingatannya akan selalu reset seminggu sekali. Yang artinya dia akan lupa dengan semua kejadian pekan lalu sampai tidak tahu siapa teman-temannya.

Lalu, suatu saat ada Hase Yuuki yang awalnya tidak tahu kalau Kaori memiliki penyakit seperti itu. Soalnya setiap ketemu wajah Kaori selalu saja cemberut, seolah tidak ingin didekati karena takut terjadi sesuatu.

Setelah mengetahui hal yang sebenarnya, Hase Yuuki justru lebih ingin mendekati Fujimiya Kaori dan berusaha membantu untuk bisa sembuh dari penyakitnya.

Baca Juga:  [Sinopsis] Carole & Tuesday (Menjadi Musisi di Mars)

Anime ini saya masukkan ke dalam daftar anime romantis yang cocok ditonton saat Valentine karena berisikan cerita perjuangan dari seorang Hase Yuuki untuk meyakinkan Kaori kalau dia pasti bisa melakukannya. Dan akan selalu ditemani meski Fujimiya lupa akan sosok Hase Yuuki.

Agak lebay memang penjelasan saya, tapi mungkin ini bisa mengingatkan perjuangan kalian yang dulu pernah mendekati doi. Mengenang masa-masa indah memang menyenangkan, bukan?

4. Kimi ni Todoke

Kuronuma Sawako
Kuronuma Sawako – ©Karuho Shiina/Shueisha, Kimi ni Todoke

Siapa sih yang tidak tahu Kimi ni Todoke? Oh, ada yang tidak tahu? Nah, cocok banget nih buat kamu yang sedang mencari anime romantis.

Ceritanya tentang Kuronuma Sawako yang penampilannya menakutkan sampai dipanggil Sadako. Itu, lo, hantu perempuan menakutkan di Jepang. Padahal nama dia sendiri Sawako. Sebenarnya itu hanya kesalahpahaman, jadi Sawako ini orangnya polos banget dan enggak tahu cara senyum yang baik kalau ketemu orang.

Karena kepolosannya tersebut, cara dia tersenyum itu malah jadi terlihat menakutkan. Apalagi dengan rambutnya yang panjang. jadi dobel-dobel kesan horornya. Tapi, tenang, ini bukan kisah horor. Seperti yang saya katakan, ini anime bergenre romantis dengan sedikit bumbu drama.

Meski penampilannya yang menakutkan tersebut, ada satu pria yang di sini sangat populer di sekolahnya ternyata suka dengan Sawako. pria tersebut bernama Kazehaya Shouta. Dan secara tidak sadar Sawako merasa hari-harinya kalau ketemu Kazehaya jadi terasa lebih hangat, meski dia sendiri tahu perbedaan jarak diantara mereka karena Kazehaya sangat tampan sedangkan Sawako sendiri? Dia menakutkan.

Animenya sendiri meski ada dramanya, tapi masih ringan banget kok. Malah isinya penuh dengan cinta-cintaan. Saya yakin yang belum nonton bakal suka banget. Dan ini adalah salah satu anime romantis yang cocok ditonton saat Valentine dan saya paling rekomendasikan.

Baca Juga:  Inti Cerita Zankyou no Terror

5. ReLIFE

Kaizaki Arata
Kaizaki Arata – ©Yoyoiso, Naver Corporation/TMS Entertainment, ReLIFE

Terus terang yang kelima bukan termasuk anime yang romantis-romantis banget, tapi memang ada bumbu cintanya. Saya sendiri memilih judul ini karena memang habis nonton dan isinya menurut saya bisa menginspirasi orang.

Jadi ceritanya tentang Kaizaki Arata berusia 27 tahun yang putus asa karena selalu ditolak saat melamar pekerjaan di perusahaan mana pun setelah keluar dia keluar dari pekerjaan sebelumnya. Lalu dia bertemu dengan seorang pria misterius yang menawarkan pekerjaan mudah. Yaitu hidup kembali menjadi muda dengan meminum sebuah pil khusus.

Iya, jadi semacam eksperimen juga baik terhadap Kaizaki dan pria misterius yang memberikan pil tersebut tersebut. Saat menjadi muda, tentu saja Kaizaki memulai hidupnya mengulang lagi menjadi seorang murid SMA.

Di sana dia belajar lagi untuk hidup yang lebih baik dari sebelumnya saat dia muda dulu. Perlu diingat, usia Kaizaki masih 27 tahun hanya saja tubuhnya berubah menjadi lebih muda. Jadi pikirannya memang masih sadar kalau tubuhnya berubah.

Nah, di sekolah tersebut terjadilah sedikit bumbu romansa antara Kaizaki dan Hishiro Chizuru. Tapi memang saya akui kalau ini ceritanya lebih ke Kaizaki yang ingin mengubah hidupnya agar kesalahan di masa lalunya tidak terulang kembali. Tapi ini tetap saya rekomendasikan buat kamu yang mungkin butuh sedikit hiburan di Valentine ini agar lebih bersemangat untuk menjalaninya.

Itulah 5 judul anime romantis yang cocok ditonton saat Valentine. Sebenarnya masih ada lagi, tapi biar tidak banyak pilihan apalagi buat yang mau maraton mungkin bisa ambil salah dua diantara 5 judul diatas. Atau mungkin ada yang mau tonton semua dalam satu hari? Eh, kayaknya enggak cukup waktu, sih.

About irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

View all posts by irzie →

2 Comments on “5 Anime Romantis yang Cocok Ditonton Saat Valentine”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.