[Ulasan] Usagi Drop (Mengubah Hidup Demi Seorang Anak)

Kaga Rin - Yumi Unita – ©Shodensha, Production I.G
Kaga Rin – Yumi Unita ©Usagi Drop, Shodensha, Production I.G

Usagi Drop menjadi anime pertama setelah hampir satu bulan lebih saya tidak update, malas adalah salah satunya tapi hal tersebut bukanlah yang utama. Jadi laptop saya pas tanggal 25 April tiba-tiba mati dan sudah menginap di tempat service, dan baru pulang beberapa hari lalu tapi masih butuh istirahat dan tidak bisa diajak kerja rodi.

Nah, kali ini saya mulai update lagi dengan mengulas salah satu anime yang waktu tayang 2011 itu populer banget, judulnya Usagi Drop. Anime ini mengisahkan seorang anak kecil berusia 6 tahun yang ditinggal kakeknya, lebih tepatnya ayahnya yang meninggal dunia. Benar, kakeknya memiliki hubungan gelap dengan seorang wanita yang akhirnya memiliki anak bernama Kaga Rin.

Saat pemakamannya, Rin ini diwacanakan akan di kirim ke panti karena dari keluarga kakeknya sendiri tidak ada yang mau mengurusnya. Lalu bagaimana nasib Rin selanjutnya? Saya ceritakan di bawah.

Cerita

Seperti yang saya bilang, Usagi Drop mengisahkan anak kecil yang ditinggal meninggal dunia oleh ayahnya. Sebenarnya ayahnya ini adalah seorang kakek tua yang memiliki hubungan gelap dengan seorang wanita yang sangat muda. Sampai mereka punya anak, yaitu Kaga Rin. Bahkan dari pihak keluarga kakeknya sendiri tidak tahu siapa wanita yang memiliki hubungan gelap dengan kakeknya tersebut.

Nah, sekarang ke intinya. Ceritanya sendiri bukan berpusat pada hubungan gelap tersebut, tapi lebih ke kehidupan Kaga Rin dan Kawachi Daikichi. Daikichi adalah salah satu cucu kakek sekaligus orang yang secara sukarela merawat Rin. Iya, benar dia secara suka rela merawat Rin sampai tumbuh dewasa. Saat Daikichi mengajak Rin untuk tinggal bersamanya, ternyata Rin sendiri mau dan setuju untuk di rawat dan tinggal berdua bersama Daikichi.

Grafis

Meski anime tahun 2011-an, tapi Studio Production I.G berhasil membawakan Usagi Drop dengan sangat bagus. Terus terang saya suka dengan gaya penggambaran yang seperti ini. Meski memang animasinya tidak terlalu luwes, tapi untungnya tertolong dengan cerita yang bagus.

Baca Juga:  [Ulasan] Fuuka (Kisah Cinta Segitiga Berbumbu Musik)

Karakter

Kaga Rin dan Kawachi Daikichi - Yumi Unita ©Usagi Drop, Shodensha, Production I.G
Kaga Rin dan Kawachi Daikichi –
Yumi Unita ©Usagi Drop, Shodensha, Production I.G

Semenjak tinggal berdua, kisah mereka pun dimulai. Dari sini jadi kelihatan bagaimana sifat mereka masing-masing. Daikichi yang awalnya memang hidup sendiri dan bekerja di sebuah kantor pengiriman barang (kalau tidak salah karena memang berhubungan dengan pengiriman barang), yang kalau dilihat pekerjaannya ini sudah enak. Karena memang bekerja dibagian kantornya.

Tapi semenjak tingga bersama Rin, dia merasa terbebani dengan pekerjaan tersebut. Karena Daikichi terus mengkhawatirkan Rin yang selalu ditinggal sendirian. Yap, bisa dibilang gaya hidup Daikichi juga berubah, yang awalnya minum, merokok, kini dia jadi menjauhi hal yang seperti itu. Bahkan dia berani mengambil keputusan ekstrim seperti mengundurkan diri dari jabatannya biar bisa pulang lebih awal untuk menjemput Rin di tempat penitipan anak.

Iya, Rin awalnya memang dititipkan di tempat penitipan anak dan setiap hari Daikichi selalu pulang malam. Dari situ dia terpikirkan ingin pulang lebih awal biar bisa punya waktu lebih bersama Rin.

Kaga Rin sendiri anaknya penurut dan tidak nakal seperti anak pada umumnya. Dia pun awalnya masih menjaga jarak dengan Daikichi, ini terlihat dari tingkah lakunya yang kadang sembunyi-sembunyi saat mengompol atau hal yang menurutnya bisa membuat marah Daikichi.

Selain kedua karakter di atas, sebenarnya ada karakter penting lain, yaitu ibunya Kaga Rin sendiri. Tapi di sini saya tidak akan membahasnya, cuma informasi saja kalau ibunya Rin itu masih muda banget, usia remaja dan kini bekerja sebagai mangaka.

Musik

  • Lagu Pembuka: Sweet Drops oleh Puffy
  • Lagu Penutup: High High High oleh Kasarinchu

Lagu pembukanya benar-benar terasa banget kekeluargaannya. Yap, ini memang anime tentang kekeluargaan. Lalu disambung dengan lagu penutup yang sangat pas dan klop dengan akhir cerita setiap episode.

Baca Juga:  [Ulasan] Konohana Kitan (Penginapan Rubah Lucu)

Pengisi suaranya, terutama Kaga Rin menurut saya imut banget. Rasanya berasa banget anak kecilnya. Eh, ternyata waktu anime ini mengudara di tahun 2011, pengisi suara Kaga Rin yang bernama Matsuura Ayu memang masih sepuluh tahun. Pantas suaranya cocok banget.

Kenikmatan Menonton

Jujur, saya sudah nonton ini dulu. Tapi karena lagi cari hiburan akhirnya menemukan judul yang lagi pengin banget ditonton ulang, ya ini dia Usagi Drop. Meski sudah tahu ini anime bakal menyedihkan, tapi pas nonton episode satu ternyata saya sudah dibuat sedih. Agak lebay memang, tapi buat yang nontonnya pakai perasaan mungkin bakal nangis.

Oh iya, menyedihkan di sini maksudnya karena bahagia ya, bukan sedih yang menyedihkan karena sesuatu yang tidak mengenakkan. Anime ini asli cocok buat kamu-kamu yang lagi pengin cari tontonan santai tapi punya cerita yang dalem banget.

Oh iya, ada yang tahu anime Amaama to Inazuma? Entah kenapa saya merasa anime ini sama hangatnya seperti judul tersebut.


Penilaian
Overall
8.6/10
8.6/10
  • Cerita - 10/10
    10/10
  • Grafis - 8/10
    8/10
  • Karakter - 8/10
    8/10
  • Musik - 7/10
    7/10
  • Kenikmatan - 10/10
    10/10

About irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

View all posts by irzie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.