[Ulasan] Shikioriori (Flavors of Youth)

Shikioriori Flavors of Youth
Shikioriori Flavors of Youth

Shikioriori atau bila dilokalkan “Masa Muda”/”Rasanya Muda” adalah film layar lebar buatan China-Jepang yang diarahkan oleh Li Haoling, Jiaoshou Yi Xiaoxing, dan Yoshitaka Takeuchi. Film ini diproduksi oleh Noritaka Kawaguchi. Dirilis tanggal 04 Agustus 2018, juga secara global ditanggal yang sama oleh StudioCanal dan Netflix

Bisa dibilang ini memang animasi original berdurasi satu jam dengan dibagi menjadi tiga cerita di mana setiap ceritanya memiliki kisah yang berbeda namun dapat memberikan sebuah makna hidup pada penontonnya.

Cerita

Seperti yang saya bilang, ceritanya sendiri ada tiga bagian, dari kisah hidup biasa hingga percintaan. Namun masing-masing dikemas dengan bagus dan menghasilkan film yang memberikan makna hidup bahkan berhasil membuat saya jadi mengenang masa lalu.

Sedikit spoiler, dibagian pertama mengisahkan seorang pemuda yang semasa hidupnya suka sekali dengan makanan Bihun. Dari kecil pemuda tersebut memang sudah mengenal makanan tersebut bahkan hingga dia dewasa. Yang membuatnya menarik adalah pemuda ini sehari-harinya memiliki kisah menarik semasa hidupnya karena makanan Bihun. Kisah receh namun dapat mengenang penonton kalau apa yang dia lakukan memiliki arti dan makna tersendiri.

Yang kedua sendiri mengisahkan tentang kakak beradik yang tinggal bersama setelah orang tuanya tiada. Sang kaksk sendiri seorang model terkenal yang bekerja untuk membiayai adik dan dirinya sendiri. Namun hidup memang selalu berjalan mulus, ada saja halangannya. Nah di sini kita akan disuguhkan cerita tentang perjuangan kakak yang kehidupannya tidak pernah menengok ke sekitar. Dia terlalu fokus pada pekerjaan hingga masalah hubungannya dengan adiknya pun renggang.

Yang terakhir merupakan kisah cinta seorang sahabat dari kecil. Di mana si perempuan dan laki-lakinya ini selalu menyembunyikan perasaannya. Dan akhirnya ketika waktu sudah berlalu sangat jauh mereka pun menyesalinya. Cerita bagian ketiga ini benar-benar menyentuh hati dan memberikan pesan kalau kita sebaiknya melakukan apa yang kita inginkan, jangan disembunyikan.

Baca Juga:  [Ulasan] Sword Art Online II - Phantom Bullet

Ketiga kisah tersebut berlatar di pinggiran kota Shanghai, China, dengan alur mundur yang ketiganya tidak ada keterkaitan sama sekali antara satu sama lain. Namun mereka hidup di zaman, di kota, dan di tahun yang sama.

Garif

Film ini diproduksi oleh CoMix Wave Films dan Haoliners Animation League yang sebelumnya pernah menangani Kimi no Nawa, Dareka no Manazahi, Kotonoha no Niwa, Byousoku 5 Centimeter. Jadi tidak usah diragukan lagi .Gambarannya yang sangat bagus berhasil membuat penonton jadi mengenang masa lalu.

Karakter

Tidak panjang lebar. Setiap karakter dari semua cerita memiliki kisahnya sendiri yang memberikan kita sebuah gambaran singkat semasa hidup. Dari hal kecil hingga yang tidak terlupakan.

Sayangnya, sedikitnya durasi waktu jadi tidak bisa mengeksplor seluruh sifat karakter. Jadi harus benar-benar menonton secara penuh agar dapat menyimpulkan seorang karakter itu sendiri.

Musik

Efek suara yang diberikan selalu berbeda setiap ceritanya, namun dapat memberitahukan sebuah tempat yang tidak terlupakan dari masa ke masa. Suara latar yang cocok sesuai cerita pun menjadi nilai tambah karena berhasil membuat saya tersentuh akan kisah yang diberikan.

Lagu berjudul “WALK” oleh Vickeblanka (ビッケブランカ) menjadi lagu penutup film keseluruhan. Saya sendiri suka sekali dengan lagunya dan sangat amat pas banget apalagi setelah kisah terakhir yang benar-benar menyentuh hati.

Kenikmatan Menonton

Awal cerita memang membingungkan, karena kita akan diberikan sebuah kisah receh yang sebenarnya tidak memiliki inti penting namun dapat menginspirasi. Di awal cerita kedua mulai menarik apalagi dilanjut dengan kisah yang terakhir.

Kalau disuruh memilih, memang yang terakhir juaranya. Kisah cinta sahabat yang memberi tahu kita kalau apa yang ingin dilakukan sebaiknya segera dilakukan, agar nantinya tidak menyesal.

Baca Juga:  [Ulasan] Fuuka (Kisah Cinta Segitiga Berbumbu Musik)

Saya sendiri menganjurkan kalian untuk menonton. Ceritanya tidak begitu berat, hanya mungkin memang membingungkan terutawa awal cerita.


Penilaian
Overall
8/10
8/10
  • Cerita - 8/10
    8/10
  • Grafis - 9/10
    9/10
  • Karakter - 7/10
    7/10
  • Musik - 8/10
    8/10
  • Kenikmatan - 8/10
    8/10

About irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

View all posts by irzie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.