[Ulasan] Lovely★Complex (Kisah Cinta Si Tinggi dan Pendek)

Ootani Atsushi & Koizumi Risa
Ootani Atsushi & Koizumi Risa – (C) Aya Nakahara/Sueisha, TBS, Toei Animation

Lovely Complex merupakan anime yang tayang April 2007 lalu selama enam bulan dengan total 24 episode. Anime ini diadaptasi dari Manga berjudul sama karya Aya Nakahara sejak tahun 2001 hingga 2006 dengan total 17 jilid.

Terus terang anime ini direkomendasikan teman yang katanya ceritanya lucu banget tapi bisa bikin emosi naik turun juga. Perlu diketahui, dari pandangan saya anime-anime belakangan ini yang memiliki genre romantis biasanya bakal ada bumbu ecchi dengan layanan-layanan yang para laki-laki sukai. Makanya saya agak ragu pas direkomendasikan judul ini, tapi nyatanya?

Cerita

Cerita Lovely Complex ini sesuai judul yang saya tulis, yaitu tentang perempuan bernama Koizumi Risa yang memiliki tinggi badan 170cm dan Ootani Atsushi yang tingginya sekitar 150cm. Kedua orang ini sangat benci dengan tinggi badannya yang tidak seperti orang lain. Koizumi sendiri sampai bilang, “Aku enggak akan mau pacaran dengan laki-laki yang lebih pendek dariku!”, begitu juga dengan Ootani yang tidak ingin memacari perempuan yang lebih tinggi darinya.

Intinya sih kedua tokoh ini benar-benar tidak suka dengan tubuhnya yang berbeda dari orang lain. Terus, suatu saat Koizumi dan Ootani menyukai seseorang di kelasnya, mereka pun ternyata saling bekerja sama untuk mendapatkannya. Tapi karena beberapa alasan akhirnya mereka gagal dan menyerah untuk mengejarnya lagi.

Ootani dan Koizumi yang selalu saling marah
Ootani dan Koizumi yang selalu saling marah – (C) Aya Nakahara/Sueisha, TBS, Toei Animation

Setelah kegagalan itu, Koizumi dan Ootani pun akhirnya sepakat bertaruh siapa yang dapat pacar duluan maka akan mendapat hadiah. Kalau Ootani yang menang, maka Koizumi harus membelikan sepatu basket baru, sedangkan kalau Koizumi yang menang maka Ootani akan membelikan gim apa pun yang disukai. Ya, intinya mereka ini malah berkompetisi siapa yang bisa dapat pacar duluan.

Baca Juga:  [Ulasan] Back Street Girls: Gokudolls (Ketika Yakuza Jadi Idol)

Tapi, semakin ke sini ceritanya berubah saat Koizumi mulai melihat Ootani dengan sedikit berbeda. Nah, tanpa disadari Koizumi ini suka sama Ootani, mulailah kisah cinta Koizumi untuk mendapatkan Ootani.

Grafis

Studio yang bertanggung jawab adalah Toei Animation. Studio ini menurut saya memiliki penggambaran yang cukup bagus untuk anime tahun 2007. Adaptasinya juga benar-benar mengikuti manga, jadi lucunya dapet banget.

Tidak hanya itu, penampilan setiap karakternya juga tidak itu-itu saja. Jadi memakai baju yang berbeda setiap adegannya. Biasanya kan kalau anime-anime sekarang ya pakai seragam yang sama terus setiap episode-nya. Yah, saya tidak menyalahkan juga karena memang adegannya lebih banyak di sekolah.

Karakter

Dalam cerita Lovely Complex di sini karakternya lebih berfokus pada Koizumi Risa. Seperti yang saya katakan sebelumnya kalau semakin ke sini ceritanya berubah menjadi Koizumi Risa yang berusaha mengejar Ootani Atsushi.

Koizumi, Ootani, Nobu, Nakao
Koizumi, Ootani, Nobu, Nakao – (C) Aya Nakahara/Sueisha, TBS, Toei Animation

Saya enggak bakal menceritakan karakter lain karena memang fokusnya ke Koizumi dan Ootani ini. Tapi sedikit saya kasih tahu ceritanya makin lama makin seru dengan munculnya beberapa karakter baru. Iya, jadi nanti bakal ada rintangan buat Koizumi mendapatkan Ootani. Di sini yang seru saat-saat Koizumi mulai merasa apa dirinya pantas untuk Ootani?

Oh iya, karena berlatar tempat di Osaka, jadi semua karakter pakai dialek Kansai. Saya sendiri suka dengan karakter-karakter anime berdialek Kansai, soalnya khas banget cara bicaranya. Ibarat kita dengar orang Jawa atau dialek lain itu cara berbicaranya beda banget, dan itu menjadi daya tarik dari suatu daerah.

Musik

  • Lagu Pembuka Pertama: “Kimi + Boku = Love?” oleh Tegomass
  • Lagu Pembuka Kedua: “Hey! Say!” oleh Hey!Say! 7
  • Lagu Penutup Pertama: “Kiss ~ Kaerimichi no Love Song” oleh Tegomass
  • Lagu Penutup Kedua: “BON BON” oleh Hey! Say! 7
Baca Juga:  [Ulasan] Yakusoku no Neverland (Mencoba Bertahan Hidup)

Lagunya enak banget, dengan awal yang semangat dan akhir yang bisa dibilang galau jadi benar-benar kita sebagai penonton kayak merasakan banget apa yang dirasakan karakter dalam cerita. Efek-efek suara anime lawas memang bagus, entah kenapa cocok saja. Padahal biasa.

Kenikmatan Menonton

Jujur, awalnya enggak seru sih. Soalnya cuma kompetisi siapa yang dapat pacar duluan bakal menang. Saya pikir seterusnya bakal begitu. Tapi itu cuma diawal, setelahnya dramanya makin kelihatan dan seru banget untuk diikuti.

Buat yang suka cerita komedi romantis tanpa ada bumbu ecchi atau adegan dewasa (paling hanya berciuman) saya merekomendasikan banget. Konfliknya juga enggak begitu dalam. Kadang kita bakal tahu “Ini pasti endingnya bakal begini.” Tapi meski begitu, prosesnya sangat seru untuk diikuti.

Oh iya, ada Live Action-nya juga. Tapi saya belum nonton. Habis lihat beberapa cuplikan di youtube sih kayaknya sama serunya.


Penilaian
Overall
8/10
8/10
  • Cerita - 9/10
    9/10
  • Grafis - 7/10
    7/10
  • Karakter - 8/10
    8/10
  • Musik - 7/10
    7/10
  • Kenikmatan - 9/10
    9/10

About irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

View all posts by irzie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.