Pengertian Tsukkomi dan Boke

Pernah mendengar istilah Tsukkomi dan Boke? Kebetulan kemarin saya membuat artikel tentang Komentar Para Pemeran Asobi Asobase, nah salah satu pemeran Olivia, yaitu Rika Nagae saat ditanya adegan paling sulit, dia mengatakan kalau Olivia adalah karakter “Boke” tapi lebih banyak “Tsukkomi”. Nah, karakter “Tsukkomi” tersebut katanya sangat sulit untuk dilakukan.

Nah, kali ini saya akan membahas sedikit apa yang Rika Nagae maksud. Sebenarnya di wikipedia sudah ada jawabannya, yaitu si pintar (Tsukkomi) dan si bodoh (Boke). Sudah tepat tapi makna tersebut kurang dan tidak menjelaskan keseluruhan.

Istilah Singkat Tsukkomi dan Boke

Komari, Natsumi, dan Renge yang Kebingungan
Komari, Natsumi, dan Renge yang Kebingungan – ©2015 Atto, KADOKAWA/Non Non Biyori

Apa itu Tsukkomi dan Boke? Tsukkomi bisa dibilang orang yang membenarkan atau meluruskan dengan cara menanggapi seseorang yang mengatakan sesuatu di mana hal yang orang tersebut katakan tidak masuk akal atau terdengar nyeleneh. Nah, orang yang mengatakan hal nyeleneh inilah yang disebut “Boke”. Istilah Tsukkomi dan Boke ini termasuk dalam seni melawak dari daerah Kansai yang disebut Manzai.

Di wikipedia sendiri dikatakan Tsukkomi dan Boke adalah suatu hal yang biasa dilakukan di atas panggung atau sebuah Stand Up Comedy ala Jepang di mana terdiri dari dua pelawak yang seorang berperan sebagai Tsukkomi dan satunya Boke. Memang benar, tapi sebenarnya untuk melakukan Tsukkomi dan Boke tidak harus dengan kata-kata, bisa dengan gerakan yang di mana nanti seorang Tsukkomi akan meluruskan atau membenarkan gerakan tersebut dengan cara memukul, menjitak, atau menepuk pundak si Boke. Inilah kenapa Tsukkomi memiliki banyak macam variasi.

Baca Juga:  Sosok Gakuto Sasajima di Nana Maru San Batsu

Biasanya seorang Tsukkomi memukul menggunakan kipas kecil, atau bisa juga dengan tangan memukul kepala si Boke dengan pelan.

Yui dan Azusa melakukan Manzai
Yui dan Azusa melakukan Manzai – ©Kakifly, Houbunsha/K-ON!

Hal ini juga biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja butuh konsentrasi tinggi. Kenapa? Berbeda dengan pelawak di atas panggung, dalam kehidupan sehari-hari biasanya seorang Tsukkomi tidak sadar apa yang dilakukan Boke, dan Boke di sini biasanya akan berusaha keras untuk memancing Tsukkomi agar menanggapi lawakannya.

Inilah kenapa Rika Nagae mengatakan kalau melakukan Tsukkomi itu hal yang sangat sulit, karena tidak tahu atau tidak menyadari kalau ternyata orang disekitar sebenarnya sedang melakukan Boke. Menurut saya wajar, karena memang untuk melakukan hal ini biasanya akan mudah bersama sahabat terdekat karena tahu kebiasaan dan apa yang dipikirkan orang tersebut.

Beberapa Contoh Tsukkomi dan Boke

Saya ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari dan terus terang biasa saya lakukan ketika bersama teman, kebetulan saya ini sebagai Boke.

Misal ketika saya dan teman habis nonton film di bioskop. Dalam film tersebut katakanlah ada adegan di mana salah satu tokoh melakukan pose keren atau nyeleneh, ketika filmnya usai dan dalam perjalanan pulang saya pun sengaja menirukan pose tersebut di tempat-tempat yang tidak sesuai yang membuat teman saya menyadarinya dan mengatakan, “Jangan sok keren, ah.” Atau memukul pundak sambil bilang, “Kamu kira orang yang difilm tadi?” Atau semacamnya yang mengundang Tsukkomi menjadi sangat ingin meluruskan atau menanggapi hal nyeleneh yang dilakukan Boke seperti saya tadi.

Konata melakukan Boke
Konata melakukan Boke – ©Kagami Yoshimizu/Lucky☆Paradise

Kalau kamu nonton Lucky Star mungkin tahu adegan di atas ini. Nah, adegan tersebut merupakan Boke di mana nantinya karakter lain yang melihatnya akan meluruskan pose atau hal yang dilakukan Boke tersebut.

Baca Juga:  Kehidupan Ideal Kunikida di Bungou Stray Dogs: Hitori Ayumu

Masih kurang paham? Saya ambil contoh lain dari K-ON!, terutama Episode 14 yang memang episode “Boke” di mana Tsumugi Kotobuki sengaja melakukan hal nyeleneh biar bisa merasakan bagaimana rasanya dipukul. Nah, yang memukul inilah disebut Tsukkomi.

Adegan Tsumugi menjadi Boke dengan memakai pakaian yang tidak tepat
Adegan Tsumugi menjadi Boke dengan memakai pakaian yang tidak tepat – ©Kakifly, Houbunsha/K-ON!

Bagaimana? Apa kamu sudah paham apa itu Tsukkomi dan Boke? Sebelumnya saya menerjemahkan Tsukkomi sebagai “Tanggapan Lawak” dan Boke sebagai “Pelawak”. Menurut saya arti tersebut sudah menjelaskan keseluruhan dari makna yang sebenarnya.

Semoga kamu tidak bingung dengan penjelasan di atas.

About irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

View all posts by irzie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.