Pengertian Tankoubon dan Bunkobon?

Kagami yang mencari doujinshi di Comiket
©Kagami Yoshimizu/Lucky☆Paradise

Belakangan saya membuat artikel sinopsis dan ulasan dengan memberikan sedikit trivia berkaitan dengan judul yang saya infokan. Contohnya pada Ulasan Rifle is Beautiful dan Sinopsis Koisuru Asteroid, di sana saya menjelaskan kalau judul tersebut sudah pernah terbit dalam bentuk Tankoubon.

Nah, pertanyaannya adalah … apa sih pengertian Tankoubon?

Pengertian Tankoubon

Dikutip dari wikipedia, Tankoubon adalah sebutan untuk terbitan suatu judul yang dijual bukan dalam bentuk seri, monograf (Buku yang berisi satu ata lebih topik dan biasanya langsung selesai tidak berseri), atau buku novel.

Sebelum dijadikan Tankoubon, judul-judul manga tersebut biasanya pertama diterbitkan di majalah manga yang isinya ada banyak judul dan memiliki halaman terbatas. Dan, suatu judul yang terbit dalam majalah manga lalu ternyata terkenal nantinya akan diterbitkan dalam satu buku yang isinya khusus judul tersebut, itulah Tankoubon.

Dan sampul Tankoubon biasanya dibuat keras juga tebal agar tahan lama. Inilah kenapa harganya sedikit lebih mahal dari buku pada umumnya.

Apa itu Bunkobon?

Comic Girls
Comic Girls

Nah, berbeda dengan Tankoubon, adalagi istilah Bunkobon. Bunkobon biasanya sebutan untuk karya-karya yang sudah pernah terbit dalam bentuk Tankoubon lalu diterbitkan ulang menjadi Bunkobon.

Selain itu, Bunkobon dijilid menggunakan sampul yang tipis. Bukan hanya sampulnya saja, tapi memang didesain agar lebih mudah dibawa ke mana-mana sehingga membuat harganya jauh lebih terjangkau dibanding tankoubon.

Baca Juga:  Kehidupan Ideal Kunikida di Bungou Stray Dogs: Hitori Ayumu

Bunkobon dibuat dengan kertas berukuran A6, gampangnya 16 cm x 10 cm. Ukurannya yang kecil ini dibuat untuk lebih menarik para penikmat yang mencari buku murah dan tentu saja mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Ada juga yang mengungkapkan kalau Bunkobon jadi lebih mudah untuk disimpan dan diatur di lemari dengan rapi karena ukurannya yang kecil, makanya jadi lebih banyak dicari.

Seperti itulah pengertian Tankoubon dan Bunkobon. Mungkin kalian punya penjelasan lain? Silakan berkomentar, karena saya sendiri masih mencari referensi dari berbagai macam sumber karena saya sendiri masih penasaran istilah yang sering keluar ketika saya mau mengulas suatu judul anime.

About irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

View all posts by irzie →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.