Mengungkap Episode Terakhir Tokyo Ghoul root A

Kaneki Ken
Kaneki Ken

Satu-per-satu semua anime musim dingin mulai berakhir, dan minggu depan sudah masuk musim semi 2015, anime apa yang kalian nantikan dimusim selanjutnya?

Ah, daftar sudah banyak beredar, dan mungkin saya tidak akan membuat daftar tabelnya. Karena terlalu malas.

Sebelumnya, saya ingatkan artikel ini banyak terdapat spoiler, jadi berpikirlah terlebih dahulu sebelum digulir ke bawah.

Baiklah, lanjut saja, tidak banyak yang akan saya sampaikan, hanya dua pembahasan, yaitu gambar sampul dan kehidupan Touka dipenghujung cerita.

Sampul Gambar dari Tokyo Ghoul

Baru beberapa hari lalu saya mengulas anime Tokyo Ghoul root A berdasarkan apa yang saya tonton dari episode satu hingga sebelas, dan kali ini adalah pembahasan mengenai episode 12, dan saya menemukan adegan di mana Kaneki membawa seorang mayat di tangannya, dan seketika saya ingat sampul gambar dari Tokyo Ghoul √A yang saya lihat di situs myanimelist.

Sampul Tokyo Ghoul Root A
Sampul Tokyo Ghoul Root A

Gambar diatas merupakan sampul dari anime Tokyo Ghoul √A. Saat melihat sampul diatas, menurut kalian yang digendong Kaneki itu siapa? Dari awal lihat yang ada dipikiran saya cuma satu, yaitu Rize.

Coba kita lihat gambar dari episode terakhir dari Tokyo Ghoul √A berikut ini.

Kaneki saat menggendong seseorang
Kaneki saat menggendong seseorang

Nah, diatas ini adalah adegan di mana saat Kaneki menggendong seseorang. Di sinilah sepintas saya ingat sampul anime Tokyo Ghoul √A ini. Lalu siapa yang digendongnya?

Kaneki yang digendong ternyata Hide
Kaneki yang digendong ternyata Hide

Yap, dia adalah Hide. Awalnya saya pikir yang digendong pada sampulnya itu Rize, tapi setelah lihat episode terakhir ternyata bukan, melainkan Hide. Memang ini hanyalah kesimpulan yang saya ambil berdasarkan apa yang saya tonton. Dan saya juga tidak membaca seri komiknya.

Tapi saya pikir tidak salah lagi kalau yang digendong Ken Kaneki adalah Hideyoshi Nagachika.

Baca Juga:  [Ulasan] Kantai Collection: KanColle

Kafe yang Dibuka Kembali

Selain itu, mengenai cerita diakhir episode ini, tidak ada adegan bertarung, hanya tentang Ken Kaneki, Hide, dan Anteiku yang perlahan mulai hancur. Karakter dalam cerita ini sendiri berfokus pada Ken Kaneki dan Hideyoshi.

Namun, sayangnya, saya tidak tahu bagaimana kelanjutan cerita kedepannya, apalagi tentang burung hantu, Kaneki yang akan tetap atau keluar dari Aogiri, atau bahkan yang lainnya.

Tapi ada hal menarik yang saya temukan, yaitu Touka yang membuka kafe baru. Dia pun menyimpan sebuah cangkir retak yang ditemukan di Anteiku.

Kaneki saat menggendong seseorang
Kaneki saat menggendong seseorang

Papan menu kafe yang persis baru dibuka oleh Touka. Entah apa harapan Touka kedepannya mengenai kafe barunya ini. Akankah masih sama untuk tempat berkumpul? Atau mungkin hal lain yang belum terpikirkan?

Cangkir retak yang nantinya dipajang di kafe baru Touka
Cangkir retak yang nantinya dipajang di kafe baru Touka

Ini adalah cangkir yang ditemukan Touka di reruntuhan Anteiku. Nantinya cangkir ini akan dipajang di lemari kafe barunya. Mungkin untuk kenangan atau sedikit memamerkan sejarah Anteiku sebelumnya pada pelanggan yang datang.

Nah, mengenai musim (season) selanjutnya, saya benar-benar tidak tahu. Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai hal itu.

Itu saja dua pembahasan yang ingin saya sampaikan. Bila ada kesalahan mengenai informasi, silakan dibenarkan. Ini hanya berdasarkan apa yang saya tonton, dan berakhir dengan kesimpulan yang didapat seperti ini. Terima kasih.

About irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

View all posts by irzie →

8 Comments on “Mengungkap Episode Terakhir Tokyo Ghoul root A”

  1. wah saya sangat suka anime ini,dimana anime ini mengandung pesan moral dimana kita harus melawan rasa malas yang mengendalikan kita untuk bersatu menjadi lebih kuat,dan lah begitu lah kira2..
    dan juga selain pesan moral,yang saya suka dari anime ini adalah matanya itu yang seperti kakasih.. hoho ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.